Tuesday, May 24, 2016

VB.NET INSERT, UPDATE, DELETE, SEARCH

Halo sahabat bahasaporgramvb.blogspot.com, sesuai dengan judul artikel ini adalah membuat aplikasi insert, update, delete dan search data . Dalam tutorial ini saya membuat membuat dua form dimana form pertama adalah untuk manampilkan data dari database dan form kedua untuk input user. Saya berharap yang melihat tutorial ini sudah paham apa itu module, procedure, function dalam bahasa pemrograman khususnya visual basic.net. saya juga akan menjelaskan beberapa kode yang saya tuliskan nantinya agar pembaca dapat lebih mudah paham dengan kode yang saya tuliskan. Hasil dari aplikasi ini akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Langkah-langkah dalam membuat aplikasi spergi gambar di atas
  • Membuat database
  • Buka Sql server dan buat query seperti dibawah ini untuk menciptakan database baru bernama CRUD Kode tersebut berfungsi untuk membuat database bernama CRUD dan meciptakan 2 file yaitu CRUD_DATA format MDF dan CRUD_LOG format LDF, dimana masing masing file tersebut memiliki unkuran awal (SIZE) adalah 3MB dan ukuran terbesarnya (MAXSIZE) tak terhingga dan masing masing file hanya boleh bertambah ukurannya (FILEGROWTH) 10MB dari MAXSIZE yang sudah ditentukan. Kebetulan untuk MAXSIZE yang kita buat di atas adalah untlimited sehingga tidak akan mempengaruhi FILEGROWTH. Untuk lebih jelasnya jika MAXSIZE di set 1GB makan file tersebut hanya bisa bertambah 10MB jadi total SIZE database nya hanya akan berukuran 1,01 GB yang bisa digunakan.
  • Membuat Tabel Master
  • Query diatas berfungsi menciptakan tabel bernama MASTER yang akan kita gunakan sebagai penampung data dari aplikasi nantinya
  • Buka visual studio, buatlah Form dengan nama frmBrowse seperti dibawah ini
  • Form tersebut berfungsi untuk menampilkan data master yang akan kita tarik dari database yang telah kita buat sebelumnya. Aturlah property dari masing masing control seperti gambar di atas.
  • tambahkan form dengan nama FrmMaster seperti dibawah ini
  • Tambahkan sebuah module dengan nama ModuleGlobal
  • Module ini berfungsi untuk membuat variabel variabel global dan membuat sambungan koneksi ke dalatabase CRUD yang akan kita perlukan nantinya di frmBrowse dan frmMaster sehingga dengan adanya module ini akan sangat bermanfaat karena kita tinggal memangilnya untuk digunakan dan tidak perlu di tulis berulang ulang di setiap form yang ada.
  • Buka frmBrowse dan tuliskan kode seperti dibawah ini
  • Buka frmMater dan tuliskan kode seperti dibawah ini


Aplikasi sudah di uji coba di komputer saya dan berjalan dengan baik, Saat ini link download untuk aplikasi ini masih belum tersedia dan dalam waktu dekat ini saya akan menyediakan link download nya. Jika diantara teman teman ingin aplikasi sederhana ini silahkan meninggalkan email di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih

No comments:

Post a Comment